Alumni

Ikatan Alumni Linguistik Program Studi Linguistik Sekolah Pascasarjana USU dibentuk pada 20 Mei 2002. Pada hari yang sama terbentuk pula kepengurusan Ikatan Alumni Linguistik disingkat IAL USU Periode 2002 – 2008. Pengurus berhasil membuat Anggaran Dasar IAL. Ikatan Alumni Linguistik (IAL) USU ini dikuatkan dengan akta notaris No.10 oleh notaris Nofi Indawaty, S.H., tanggal 11 Oktober 2002 . Pengurus IAL 2002 – 2008 dilantik oleh Rektor USU pada 21 Desember 2002. Sejalan dengan pengembangan Program Magister Lingusitik, pada tahun 2004 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No.4880/DIT/2004 tanggal 31 Desember 2004 tentang izin pembukaan Program Doktor Linguistik. Pada tahun 2005 Program Doktor Linguistik menerima mahasiswa angkatan I. Dalam perkembangannya sampai dengan tahun 2017, Program Doktor Linguistik telah mengeluarkan lulusan sebanyak 113 alumni. Alumni Program Doktor ini secara otomatis menjadi anggota IAL USU. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan pengurus dalam masa bakti IAL antara lain:
1. Seminar Berkala Alumni dan Mahasiswa Prodi.Linguistik PPs-USU
2. Penerbitan Jurnal Linguistik Februari 2004 sampai sekarang
3. Seminar and Workshop TOEFL 2008
4. Musyawarah Anggota ke- I Ikatan Alumni Linguistik USU tahun 2008
5. Seminar Nasional “Meningkatkan Komunikasi Internasional untuk menyukseskan MEA” tanggal 30 Mei 2016
6. Workshop “Menulis Ilmiah itu Mudah” tanggal 19-20 Mei 2017
7. Buka Puasa bersama tanggal 16 juni 2017

Sumbangan
a. Sumbangan Dana
IAL USU memberikan sumbangan dana sukarela untuk membantu penyelenggaraan beberapa kegiatan di PSDL antara lain untuk penerbitan jurnal dan karya tulis ilmiah. Juga memberikan bantuan dana yang diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi S3 Lingusitik, seperti buka puasa bersama, halalbihalal yang bertujuan untuk meningkatkan kepribadian mahasiswa (softskill) dengan memperat silaturahmi dan toleransi beragama. Sumbangan dana yang diberikan dari alumni bervariasi, dari Rp 100.000,00 sampai Rp 1.000.000,00 yang digunakan untuk kegiatan akademik berupa kegiatan softskill.

b. Sumbangan Fasilitas
IAL juga memberikan sumbangan fasilitas untuk proses belajar-mengajar. Sumbangan berupa buku-buku yang diberikan setiap lulusan sebelum meninggalkan Program Studi S3 Linguistik untuk memperbanyak koleksi ruang baca Program Studi S3 Linguistik dan peralatan (microphone, loudspeakers, printer, laptop satu buah, proyektor dua buah, lemari buku dua buah, komputer, kipas angin sebanyak dua buah, dan sebuat televisi) untuk membantu proses belajar dan mengajar di kelas.

c. Masukkan untuk Perbaikan Proses Pembelajaran
Alumni Linguistik juga memberi sumbangan pikiran dalam pengembangan program studi, misalnya ikut dalam tim revisi kurikulum prodi linguistik, pengembangan jejaring dalam website prodi untuk penyebaran informasi (bidang studi linguistik, seminar, lapangan pekerjaan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

d. Pengembangan Jejaring
IAL memberikan pengembangan jejaring informasi kepada mahasiswa informasi peluang-peluang kerja yang bisa dimanfaatkan oleh lulusan program studi dan membangun jejaring sosial melalui email dan facebook : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., facebook : linguistikspsusu dan WhatsApp dengan nama grup Mahasiswa Linguistik USU. Pengemangan jejaring terlink dalam website prodi untuk penyebaran informasi (bidang studi linguistik, seminar lapangan pekerjaan, penelitian dan pengabdian masyarakat).

 

Berikut adalah daftar alumni Prodi Doktoral Linguistik yang dapat di download.