Tentang Program Studi

Program Studi Doktor Linguistik merupakan salah satu Program Pascasarjana di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara. Program Studi ini dibuka berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas No. 4880/D/T/2004 tanggal 31 Desember 2004. Pada 22 Januari 2009 terbit SK Rektor USU No. 188/H5.1.2/SK/PRS/2009 untuk membuka Program Konsentrasi Kajian Sastra dan SK Rektor USU No. 189/H5.1.2/SK/PRS/2009 untuk membuka Konsentrasi Kajian Terjemahan. Dalam Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 176/SK/BAN-PT/Ak-XI/D/VIII/2013 tanggal 24 Agustus 2013, Program Studi Doktor Linguistik Fakultas Ilmu Budaya USU memperoleh nilai B yang berlaku hingga 24 Agustus 2018. Berdasarkan Keputusan Rektor USU No. 937/UN5.1.R/SK/SPB/2013 tanggal 12 Juni 2013 tentang pengalihan pengelolaan Program Studi Magister Ilmu Linguistik dan Doktor Ilmu Linguistik dari Sekolah Pascasarjana USU ke Fakultas Ilmu Budaya USU, nama Program Studi Doktor Linguistik menjadi Program Studi Doktor Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya USU.

Sesuai dengan visi USU, yaitu Menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global dan visi Fakultas Ilmu Budaya USU, yaitu Pada tahun 2020 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara menjadi institusi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang kebudayaan, yang unggul, terkemuka dan bertaraf internasional, Program Studi Doktor Linguistik mempunyai visi Menjadi program studi yang unggul di tingkat nasional dalam pengembangan linguistik yang berbasis pada kearifan lokal dan memperoleh pengakuan internasional pada tahun 2021.

Misi Program Studi Doktor Linguistik adalah (1) Menyelenggarakan pendidikan linguistik yang berkualitas dan inovatif sesuai dengan kebutuhan pasar kerja; (2) Mengembangkan penelitian linguistik yang berbasis pada kearifan lokal dengan memperoleh pengakuan internasional; (3) Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan mengembangkan produk-produk inovasi kebahasaan untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kehidupan ekonomi masyarakat; (4) Menjalin kerja sama yang sinergis dengan instansi lain dalam kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi pada tingkat lokal, nasional, dan internasional; dan (5) Menyelenggarakan pelatihan penulisan karya ilmiah dalam bidang linguistik secara lintas bahasa dan lintas budaya.

Untuk mencapai visi, misi, sasaran, dan tujuan, Program Studi Doktor Linguistik menetapkan rencana strategis (Renstra) secara bertahap, yaitu perencanaan lima tahunan. Renstra ini dijabarkan ke dalam Program Tahunan atau Rencana Kerja dan Anggaran (RKA). Selanjutnya, RKA itu diimplementasikan ke dalam Program Kegiatan Tahunan Program Studi dan RENOP yang disusun oleh sebuah tim kerja Prodi. Strategi pencapaian di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian berpedoman pada Program Indikator Kinerja Utama (IKU) USU. Jadi, proses dan mekanisme untuk mencapai visi, misi, sasaran, dan tujuan dikoordinasikan di tingkat universitas dan di tingkat fakultas.

Suasana akademik diciptakan melalui pembelajaran bermutu, seperti kegiatan seminar, baik lokal, nasional, maupun internasional; kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan dosen dan melibatkan mahasiswa. Alumni sebagai output proses pembelajaran telah menyebar pada berbagai bidang pekerjaan, misalnya peneliti, dosen, dan guru. Saat ini sistem informasi yang digunakan untuk memperoleh tindak lanjut dikembangkan melalui penggunaan internet dalam bentuk website. Namun, untuk informasi tertentu digunakan e-mail dengan alamat: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Program Studi Doktor Linguistik juga sudah lama membentuk ikatan alumni, yaitu Ikatan Alumni Linguistik (IAL), yang berkontribusi dalam berbagai kegiatan di Program Studi. Baru-baru ini dibentuk pula Ikatan Mahasiswa Linguistik yang pengurus dan anggotanya terdiri atas mahasiswa S2 dan mahasiswa S3.